Alasan Roy Hodgson Memanggil Jack Wilshere

Manajer Timnas Inggris, Roy Hodgson, sudah mengumumkan 26 pemain yang masuk ke dalam skuat provosional Inggris untuk Piala Eropa 2016.

Beberapa nama yang dipanggil sebenarnya memang sudah bisa diprediksikan, seperti penyerang Leicester, Jamie Vardy yang memang memiliki musim luar biasa bersama tim nya. Namun ada beberapa nama lain yang justru mengejutkan publik. Salah satunya adalah, Jack Wilshere.

Wilshere menjadi satu dari 11 pemain berposisi gelandang yang disiapkan Hodgson untuk berlaga di Prancis bulan Juni nanti. Tanda tanya besar kemudian menyeruak karena gelandang Arsenal tersebut dianggap tidak bermain cukup bagus sepanjang musim. Ia lebih banyak berkutat dengan cedera, dan posisinya juga tergeser oleh pemain lain.

Banyak pihak memberikan kritik kepada Hodgson terkait keputusan untuk memanggil Wilshere. Beberapa mempertanyakan keputusan Hodgson memanggil pemain yang memiliki masalah dengan kebugaran nya. Padahal kompetisi sekaliber Piala Eropa yang sangat kompetitif tentunya sangat menguras ketahanan fisik. Namun manajer yang sudah menangani Inggris sejak tahun 2012 ini memiliki alasan tersendiri mengapa akhirnya ia memanggil Wilshere.

“Saya tidak khawatir dengan dia (Wilshere),” ujar Hodgson seperti yang dikutip dari ESPN FC. “Saya pikir cedera yang dialami olehnya kebanyakan lebih dikarenakan sebuah trauma. saya beberapa kali bertanya kepada diri saya apakah ia sedang dalam keadaan bugar atau tidak. Dan menurut saya ia sedang dalam keadaan yang bugar.”

Hodgson juga menambahkan bahwa Wilshere adalah pemain yang spesial. Ia beranggapan bahwa Wilshere adala jenis pemain yang bisa merubah pertandingan. Ia juga merujuk kualitas Wilshere ketika membela Inggris di babak kualifikasi. Lebih lanjut Hodgson juga berujar bahwa pemanggilan ini juga menjadi ajang pembuktian Wilshere mengenai kebugaran nya.

“Tentu ia adalah pemain yang sangat berkualitas, dia memiliki semuanya. Ketika muncul pertanyaan apakah ia pemain yang bisa mengubah jalannya pertandingan. Jawaban nya adalah ya. Lihat bagaimana penampilan yang ia tujukan di babak kualifikasi. Menjadi pemain terbaik dalam tiga pertandingan beruntun juga menujukan hal bagus sudah ia lakukan untuk kami.”

“Ia adalah pemain yang sangat berguna, ia juga adalah pemain yang sangat spesial. Kami tidak banyak memiliki pemain yang spesial saat ini. Dan Jack Wilshere adalah (pemain spesial) yang tersedia. Saya pikir ini juga menjadi pembuktian bagi ia terkait kebugaran nya. Apabila ia bisa menujukan hal yang sama seperti yang ia lakukan di musim semi. Tentu akan menjadi sesuatu yang bagus,” pungkas Hodgson.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *