Cedera Parah, Karier Demba Ba Terancam

Pindah ke Liga Super Tiongkok tidak selamanya membuat pemain yang bersangkutan gembira. Hal tersebut mungkin yang dirasakan oleh striker asal Senegal yang kini memperkuat Shanghai Shenhua, Demba Ba, usai ia mengalami cedera parah di pekan ke-17 Liga Super Tiongkok.

Dalam laga Derby Shanghai yang mempertemukan Shenhua dengan Shanghai SIPG FC di Hongkou Football Stadium, Minggu (17/7), Demba Ba harus menerima kenyataan bahwa kaki kirinya patah usai berbenturan dengan dengan kapten SIPG, Sun Xiang. Kejadian ini terjadi pada menit ke-63 usai ia hendak mengecoh Xiang.

Akibat cedera parah tersebut, Demba Ba pun langsung ditarik keluar lapangan oleh pelatih Shenhua, Gregorio Manzano dan digantikan oleh striker asing lainnya, Obafemi Martins. Beruntung bagi Shenhua, kehilangan Demba Ba yang tengah menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Super tidak membuat mereka tidak kehilangan tiga angka. Sebab beberapa menit jelang laga berakhir, eks pemain Inter, Fredy Guarin mampu membuat Shenhua menang dengan skor 2-1.

Dilansir di situs resmi Shenhua, Manzano menyampaikan kesedihannya karena ditinggal oleh salah satu pemain terbaiknya. “Cedera ini berisiko membuat karier sepakbolanya berakhir lebih cepat,” ucapnya. “Saya bahkan mengakui bahwa kami rela kehilangan tiga angka daripada kehilangan seorang Demba Ba.”

Meski mengalami cedera, Demba Ba rupanya peduli dengan kesebelasannya. Ia pun sempat menanyakan hasil akhir kepada perawat rumah sakit tempat ia dirawat. Seperti dilansir dari Goal, ia sempat bertanya,“ Apakah klub menang?” ketika bangun, yang langsung diikuti oleh kekecewaannya karena waktu sudah menunjukkan jam dua pagi, yang membuatnya melewatkan waktu untuk menunaikan sholat wajib.

Cederanya Demba Ba pun membuat banyak pihak mendoakan yang terbaik untuknya. Beberapa pemain Shenhua terlihat membawa seragam Demba Ba saat mereka melakukan perayaan kemenangan usai pertandingan.

Tidak hanya dari Shenhua, beberapa rekan setim serta sesama pemain sepakbola juga mengucapkan keprihatinan atas cedera yang menimpa Demba Ba. Salah satunya adalah Eden Hazard, yang sama-sama pernah berkostum Chelsea. Ia pun mencuit di akun twitter-nya agar Demba Ba tetap bersemangat meski tengah mengalami cedera.

Nama Demba Ba mulai melejit ketika ia bergabung bersama Newcastle United di musim 2011/12. Total 29 gol bersama Newcastle dalam satu setengah musim membuat Chelsea meliriknya. Pada paruh kedua 2012/13, ia memutuskan hijrah ke Chelsea untuk menjadi pelapis Fernando Torres. Pindah ke Chelsea tampaknya menjadi keputusan paling disesali Demba Ba. Pasalnya, dalam satu setengah musim bersama Chelsea, ia mengalami penurunan.

Kariernya mulai meningkat ketika ia pindah ke Besiktas pada 2014/15. Bersama kesebelasan Turki tersebut, ia menemukan kembali ketajamannya dengan membuat 18 gol di akhir musim. Catatan baiknya tersebut membuatnya dilirik kesebelasan Tiongkok, Shenhua yang tengah berekspansi di sepakbola. Pada 2 Juli 2015, Demba Ba resmi berkostum Shenhua 15,7 juta Dollar dan gaji 6,7 juta Dollar per tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *