Eden Hazard Gemilang, Belgia Menang Besar Atas Hungaria

Eden Hazard tampil luar biasa ketika Belgia menang telak 4-0 atas Hungaria di babak 16 besar Piala Eropa. Dalam pertandingan yang digelar pada Senin (27/06), Hazard berhasil menyarangkan satu gol dan berperan terhadap satu gol lain dari total empat gol yang dicetak Belgia dalam pertandingan tersebut.

Hasil pertandingan ini menjadi pembuktian Hazard yang mendapatkan kritik karena belum juga menghasilkan yang terbaik meskipun menyandang ban kapten timnas Belgia.

Sejak awal pertandingan, segala sesuatunya berjalan sulit bagi Hungaria. Mereka harus tampil tanpa gelandang andalan mereka, Laszlo Kleinheisler. Pemain berjuluk “Paul Scholes dari Hungaria” tersebut menderita cedera ketika tim sedang melakukan pemanasan. Alhasil, Adam Nagy seakan sendirian untuk mengalirkan bola dari kubu Hungaria.

Belgia langsung unggul cepat pada awal pertandingan. Menerima umpan tendangan bebas Kevin De Bruyne, Toby Alderweireld menanduk bola yang kemudian bersarang di gawang Hungaria.

Gol Alderweireld ini adalah gol perdana yang dilakukan di babak pertama oleh Belgia sejak Piala Eropa tahun 2000. Rekor lain yang dibuat adalah gol ini menjadi gol yang berasal dari situasi set-piece yang kembali dilakukan oleh Belgia sejak terakhir kali mereka lakukan pada tahun 1984.

Gol ini adalah permulaan yang membuat alur permainan berubah. Gol cepat Belgia memaksa Hungaria untuk bermain lebih terbuka agar bisa menyerang dan menyamakan kedudukan. Padahal, senjata utama Hungaria adalah pertahanan yang rapat.

Permainan yang terbuka menjadi amat menguntungkan bagi Belgia. Skuat asuhan Marc Wilmots bisa dengan lebih leluasa untuk melancarkan serangan ke lini pertahanan Hungaria. Meskipun kiper Hungaria, Gabor Kiraly, sebenarnya selalu mampu mengamankan banyak peluang yang dibuat oleh para pemain Belgia, namun seakan hanya tinggal menunggu waktu hingga Belgia mendapatkan gol tambahan.

Terus melancarkan serangan, Belgia akhirnya berhasil menaklukkan Kiraly. Manuver Hazard di sisi kanan pertahanan Hungaria berakhir dengan gol sontekan dari Michy Batshuayi yang baru satu menit menjejakkan kaki di lapangan.

Setelah berperan untuk gol Batshuayi, Hazard kemudian mencatatkan namanya di papan skor. Melakukan gerakan memotong, mengelabui dua pemain lawan, Hazard kemudian melepaskan tendangan yang kemudian merobek gawang Hungaria.Sebuah gol berkelas.

Menjelang pertandingan berakhir, Belgia menambah keunggulan. Kali ini giliran Yannick-Ferreira Carrasco yang berhasil mencetak gol. Menerima sodoran dari Radja Nainggolan, Carrasco kemudian melepaskan tendangan jarak dekat yang tidak mampu dihalau oleh Kiraly.

Skor akhir 4-0 untuk kemenangan Belgia. Di babak perempatfinal Belgia akan bertemu dengan Wales yang pada pertandingan sebelumnya berhasil mengalahkan Irlandia Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *