Inggris Berhasil Jadi Juara Toulon Tournament 2016

Di tengah kemarau prestasi, tim nasional Inggris berhasil meraih hasil terbaik. Adalah Timnas U-21 mereka yang menjadi juara di Toulon Tournament 2016. Sejak digelar pada tahun 1967, dan kemudian terkait peserta berubah menjadi lebih spesifik menjadi kesebelasan negara, gelar kali ini menjadi kelima bagi Inggris. Gelar tersebut juga menjadi yang pertama bagi Inggris setelah puasa selama 22 tahun.

Skuat Inggris yang ditangani oleh Gareth Southgate berhasil memenangkan pertandingan final yang digelar pada Minggu (29/5) malam waktu Indonesia. James Ward-Prowse dan kawan-kawan berhasil mengalahkan tuan rumah Prancis, dengan skor 2-1.

Dua gol masing-masing sumbangan dari Lewis Baker dan Ruben Loftus-Cheek membawa Inggris ke tangga juara. Sementara Prancis hanya mampu membalas melalui lesakan Diallo.

Sejak babak penyisihan Inggris memang tampil impresif. Sejak pertandingan pembuka dimana mereka menang tipis 1 – 0 atas Portugal, Lewis Baker dan kolega terus melaju.

Kesebelasan Inggris pun berhasil memenangkan seluruh pertandingan di babak penyisihan, termasuk kemenangan besar 7 – 1 atas perwakilan Afrika, Guinea.

Menanggapi keberhasilan ini pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, berujar bahwa menjadi juara di Toulon Tournament pada kesempatan kali ini adalah sesuatu yang patut disyukuri. Ia juga menambahkan bahwa para pemain mendapatkan banyak tambahan pelajaran dan pengalaman berharga setelah bertanding di turnamen yang digelar setiap tahun tersebut.

“Ini menjadi tahun yang sangat sulit bagi kami semua. Banyak pemain yang cedera dan naik ke tim senior,” ujar Southgate seperti yang dilansir laman resmi federasi sepakbola Inggris, fa.com. “Karena hal tersebut, kami menjadi sulit hanya untuk sekadar membuat stabilitas dalam tim. Karena itu kami sangat bersyukur kami berhasil, dan banyak hal yang didapatkan oleh pemain.”

Lebih lanjut Southgate juga menanggapi hasil di pertandingan final. Ia berujar bahwa skuat asuhannya bisa menuntaskan permainan luar biasa yang sudah ditunjukan sepanjang turnamen. Pelatih yang berseragam Middlesbrough ketika masih aktif bermain tersebut juga berujar bahwa Young Lions, julukan Timnas muda Inggris, memiliki mental juara.

“Saya pikir kami tim yang lebih baik di partai final. Terlebih lagi kami adalah tim terbaik di sepanjang turnamen. Ketika berada dalam posisi seperti ini kami harus mengambil setiap kesempatan yang ada.”

“Dan saya pikir tim sudah melakukannya dengan baik. Semua orang selalu berbicara tentang spirit. Dan itu adalah yang muncul di lapangan, sesuatu yang mesti anda tunjukan di lapangan. Saya pikir mental yang mereka miliki adalah mental juara,” pungkas Southgate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *