Oscar Tabarez Kritisi Amerika Serikat Sebagai Tuan Rumah Copa America

Musim panas akan berbeda di benua Amerika pada bulan Juni nanti. Bukan saja suhu yang menyengat, benua Amerika akan menyelenggarakan turnamen akbar regional mereka yaitu Copa America.

Seperti yang sebelumnya sudah diketahui bahwa Copa America edisi kali ini menjadi spesial karena bertepatan dengan 100 tahun sejak turnamen tersebut diselenggarakan. Bahkan nama resmi turnamen juga ditambahkan kata `Centenario` yang berarti `seratus tahun`.

Berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya di mana Copa America selalu digelar di Amerika Selatan. Kini turnamen tersebut digelar di bagian utara benua terbesar kedua di planet bumi tersebut. Amerika Serikat ditunjuk sebagai penyelenggara Copa America edisi kali ini.

Hanya tinggal menyisakan beberapa pekan saja menjelang turnamen bergulir, kemudian muncul sebuah kritik terhadap penunjukan Amerika Serikat sebagai tuan rumah Copa America. Tanggapan tersebut datang dari pelatih kesebelasan negara Uruguay, Oscar Tabarez. Tabarez berujar bahwa ia tidak terlalu senang turnamen tersebut digelar di Amerika Serikat. Lebih lanjut, ia juga beranggapan bahwa edisi kali ini bukanlah Copa America seperti yang biasanya.

“Pertandingan akan diselenggarakan di seluruh daerah di Amerika Serikat, dan saya tidak menyukai hal tersebut,” ujar Tabarez seperti yang dilansir FOX Sports. “Saya tidak terlalu suka karena tim-tim yang bertanding untuk mencapai final akan berada di negara ini. Dan ini (Amerika Serikat) adalah negara yang sangat luas. Cuaca di sana, dan perjalanan jauh yang harus ditempuh membuat segala sesuatu menjadi lebih sulit.”

Tabarez juga berujar bahwa ia tidak akan menyebut turnamen tersebut sebagai Copa America. Hal ini disinyalir karena penyelenggaraan turnamen yang diselenggarakan di negara pimpinan Barrack Obama tersebut. Karena dalam sejarahnya Copa America selalu digelar di bagian selatan benua Amerika. Terlebih lagi, turnamen tersebut sudah lama menjadi turnamen khusus bagi negara-negara Amerika Selatan.

Bahkan biasanya para peserta penghuni utara dan tengah benua Amerika hanya tampil sebagai undangan, dan jumlahnya hanya dua negara. Kini justru jumlah tersebut membengkak menjadi enam. Jika biasanya hanya ada dua negara yang diundang untuk melengkapi 12 peserta dari Amerika Selatan, maka kali ini membengkak menjadi enam undangan yakni tuan rumah AS, Kosta Rika, Haiti, Meksiko, Jamaika, dan Panama.

“Karena seperti yang sudah saya utarakan sebelumnya bahwa ini akan menjadi Copa America yang tidak biasa. Memang akan menjadi Copa America yang bisa dibilang spesial. Tetapi jujur, saya tidak akan menyebut turnamen kali ini sebagai Copa America. Bagi saya Copa America adalah sesuatu yang lain,” pungkas Tabarez.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *