West Ham Siap Tumbalkan Sakho Demi Carlos Bacca

Sunderland terus menjajaki transfer Diafra Sakho, penyerang West Ham United. Mereka berani mengajukan uang 10 juta poundsterling untuk mantan pemain Metz tersebut. Sakho bergabung dengan West Ham ketika masih dibesut Sam Allardyce. Sakho pun menjadi andalan Allardyce walau sempat terjadi sedikit perselisihan. Hal itu dibuktikannya melalui torehan 10 golnya selama memperkuat West Ham saat Liga Primer Inggris 2014/2015.

Tapi ketika West Ham mulai dibesut Slaven Bilic sejak Liga Primer Inggris 2015/2016, torehan gol Sakho menurun. Penyerang asal Senegal tersebut hanya mencetak lima gol dari 21 penampilannya selama musim itu. Penurunan jumlah golnya itu tidak lepas dari cedera lutut dan paha yang dialaminya sepanjang musim lalu.

Kendati demikian, Sunderland yang kini dibesut Allardyce sebagai mantan manajernya di West Ham, tetap menginginkannya untuk bergabung. Bahkan dikabarkan jika David Sullivan, Wakil Pemilik West Ham, memberikan lampu hijau jika pemainnya itu ingin pergi. Tapi Sunderland akan bersaing dengan West Bromwich Albion yang sama-sama menginginkan Sakho.

Rupanya rasa legowo West Ham kepada penyerang andalannya itu diperuntukkan untuk mendatangkan pemain baru. Kabarnya West Ham berambisi mendatangkan Carlos Bacca dari AC Milan. West Ham bisa memanfaatkan dana penjualan Sakho untuk membeli Bacca yang dipatok 20 juta poundsterling oleh klub miliknya. Sementara West Ham baru mengajukan penawaran sebesar 16 juta poundsterling untuk penyerang asal Kolombia itu.

West Ham harus bersaing dengan Arsenal yang juga meminati Bacca. Penyerang 29 tahun itu memang menarik berbagai klub besar untuk merekrutnya. Kendati Milan tampil inkonsisten, Bacca tetap rajin menyumbangkan gol untuk kesebelasannya itu.

Total ia berhasil mencetak 18 gol dari 38 penampilannya bersama Milan di Serie-A 2015/2016. Jika West Ham gagal mendatangkan Bacca, maka opsi penyerang lain untuk mereka adalah Alexandre Lacazette dari Olyimpique Lyonnais, atau Martin Braithwaite dari Toulouse.

Sementara itu mantan pemain Milan, Andriy Shevchenko, menyarankan agar bekas kesebelasannya itu merekrut Andriy Yarmolenko, penyerang Dynamo Kyiv. Yarmolenko sendiri merupakan pemain andalan Dynamo Kyiev yang mencetak 13 gol dari 23 penampilan di Liga Primer Ukraina 2015/2016. Namanya pun masuk ke dalam skuat Tim Nasional (Timnas) Ukraina yang akan berlaga di Euro 2016.

“Dia bermain melebar ke kanan tapi dia bisa bermain di kiri dan dia akan menjadi pemain yang bagus. Saya akan mengarahkannya ke Milan,” tutur Shevchenko, seperti dikutip dari Daily Mail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *